Metro

Covid Meningkat, Nakes Terinfeksi Bertambah

LUWUK, LUWUK POST—Tenaga kesehatan yang terpapar virus korona baru SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 terus bertambah.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sampai saat ini secara kumulatif sudah sekira 23 orang tenaga kesehatan yang terinfeksi. Masing–masing 19 orang di Rumah Sakit Umum Luwuk, 4 orang lainnya di puskesmas. Untuk nakes di puskesmas,  rinciannya adalah, 2 nakes di Puskesmas Simpong,  1 orang nakes di Puskesmas Nambo, dan 1 lainnya di Batui.

Informasi ini dibenarkan oleh Juru Bicara Penanangan Covid-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam. “Iya benar. 19 nakes dari rumah sakit, dan 4 lainnya tersebar di beberapa puskesmas,” katanya, pada Selasa (27/10).

Ia menambahkan, 3 orang tambahan terkonfirmasi positif Selasa (27/10) kemarin,  salah satunya adalah tenaga kesehatan dari rumah sakit. Sementara 2 lainnya adalah ibu rumah tangga yang kontak dengan nakes rumah sakit, dan 1 orang adalah pegawai BUMN. “Saya tidak tahu persis BUMN mana,” paparnya.

Ia mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan operasi yustisi. Terutama tentang penerapan sanksi protokol kesehatan seperti yang dilakukan di Kilometer 5, Kecamatan Luwuk Selatan, Selasa (27/10).”Ketatkan protokol kesehatan. Jangan abai menggunakan masker, jaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun, serta menghindari kerumunan,” imbaunya.(ris)

Luwuk Zona Merah

Kasus suspek         : 7

Kasus probable     :  0

Kasus Discarded   : 11

Kasus konfirmasi : 112 orang dengan rincian

■ 3 kasus baru (isolasi mandiri)

■ 37 kasus lama (2 di rawat di RS, 35 isolasi mandiri)

■ 70 Sembuh

■  2 Meninggal

Wilayah Sebaran:

■  3 kasus baru (Kecamatan Luwuk)

■ 37 kasus lama (16 dari Kecamatan Luwuk, 12 dari Kecamatan Luwuk Selatan, 4 dari Kecamatan Luwuk Utara, 1 dari Kecamatan Toili, 3 dari Kec Batui, 1 dari Kecamatan Kintom)

■ 94 sampel swab masih menunggu hasil dari Labkes Propinsi Sulteng

Sumber: Laporan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Banggai, 27 Oktober 2020