Metro

Kesadaran Masyarakat Minim, Kampanye Prokes Ditingkatkan

LUWUK, LUWUK POST-Kesadaran masyarakat dinilai masih minim terkait penerapan protokol kesehatan. Namun, itu tidak membuat aparat putus asa. Mereka bahkan lebih meningkatkan kampanye protokol kesehatan memutus mata rantai penyebaran virus korona atau Covid-19.

Seperti yang dilakukan personel Satlantas Polres Banggai di jalan Mandapar, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Selasa (1/12). Kasat Lantas AKP I Made Dewa Arda mengatakan, kampanye penggunaan masker itu merupakan sebuah komitmen untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kampanye ini dilakukan untuk mengajak masyarakat selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah,” kata dia.

Terpisah, puluhan pelanggar protokol kesehatan di Kecamatan Toili diberikan sanksi sosial membersihkan sampah di sekitaran jalan. Operasi tersebut dilaksanakan di dua tempat yakni, perempatan Pasar Unit 11 di Desa Mekarkencana dan perempatan Tugu SMA Desa Jayakencana, Kecamatan Toili.

Kapolsek Toili Iptu Candra mengatakan, warga yang tidak mengindahkan protokol kesehatan, terutama tidak memakai masker langsung didata dan diberi arahan, selanjutnya mereka disanksi untuk melakukan kerja sosial membersihkan sampah.

“Tercatat ada 22 pelanggar yang terjaring razia penegakkan disiplin protokol kesehatan,” kata dia.

Mantan Kapolsek Batui ini berharap seluruh masyarakat dapat mengikuti peraturan protokol kesehatan yang berlaku dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menjahui kerumunan.

“Ayo kita lindungi diri kita dan orang lain dari penyebaran Covid-19, dengan tetap patuh protokol kesehatan,” imbaunya. (awi)