Banggai Brother’s

Belum Ada Vaksin di Banggai Laut

BANGGAI, LUWUK POST-Vaksin dan serum Covid-19 belum tiba di Kabupaten Banggai Laut, meskipun pendistribusian telah sampai di Kota Palu, Provinsi Sulteng pada Selasa (5/1).

Sejak pekan lalu, beredar kabar vaksin telah tiba di daerah ini. Namun, Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Banggai Laut, Kristian Macpal, mengonfirmasi vaksin belum didistribusi ke daerah ini. “Setahu sy belum ada. Menunggu hasil pemeriksaan dari BPOM,” jelas dia.

Ia menambahkan, bila vaksin telah melalui pemeriksaan BPOM, akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng. “Menunggu pendistribusian dari dinas (kesehatan) provinsi,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Sulteng, Kombes Pol. Didik Supranoto menerangkan  vaksin dan serum Covid-19 sebanyak 6 koli berisi 11.760 buah telah tiba di Palu Selasa pagi, menggunakan pesawat Batik Air nomor penerbangan ID 7585 dari bandara internasional Soekarno Hatta Cengkareng.

Polda Sulawesi Tengah langsung melakukan pengawalan mulai dari Bandara Mutiara Sis Aljufri sampai dengan gudang Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Jl Undata Palu, yang dijaga Satgas Ops Aman Nusa II Polda Sulteng dipimpin Kombes Polisi Kingkin Winisuda.

“Pengamanan dan pengawalan perlu dilakukan untuk memastikan, vaksin covid.19 tersebut dalam kondisi aman sampai di tempat tujuan,” kata Didik dalam siaran pers, Selasa  (5/1). (ali/bas)