Daerah

DPRD Sulteng Tetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Terpilih

PALU, LUWUK POST–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah (Sulteng) menetapkan gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih hasil pilkada 2020 melalui sidang paripurna di ruangan sidang DPRD Sulteng, Senin (1/2).

Penetapan ini merupakan amanat Menteri Dalam Negeri. Ketua DPRD Sulteng Hj Nilam Sari Lawira yang memimpin sidang mengatakan, sesuai surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tertanggal 21 Januari 2020 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak tahun 2020, maka DPRD Provinsi Sulawesi Tengah mengumumkan penetapan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur terpilih dan penandatanganan berita acara pelaksanaan rapat paripurna DPRD provinsi Sulteng.

Penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih selanjutnya akan diajukan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri yang selanjutnya akan dijadwalkan untuk pelantikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur masa bakti 2021-2024.

”Perkenankan saya mewakili seluruh rakyat Sulawesi Tengah dan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah untuk menyampaikan ucapan selamat kepada saudara Bapak H Rusdy Mastura dan Bapak Drs Ma’mun Amir yang telah mendapat kepercayaan mayoritas rakyat Sulawesi Tengah sehingga terpilih sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulawesi Tengah dalam pemilihan kepala daerah tanggal 9 Desember 2020 yang lalu,” kata istri politisi Ahmad Ali ini.

Nilam Sari mengatakan pelaksanaan Pilkada pada tahun 2020 berlangsung dengan aman dan tanpa sengketa. Hal tersebut tidak terlepas dari partisipasi seluruh rakyat yang didukung oleh semua jajaran aparat keamanan dan instansi terkait, khususnya KPU dan Bawaslu serta semua pihak terkait lainnya sehingga semua tahapan pemilu telah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Nilam Sari berharap, gubernur dan wakil gubernur terpilih dapat membawa seluruh rakyat yang lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera.

 “Lembaga DPRD sangat berharap agar kepercayaan yang diberikan oleh rakyat hendaknya jangan disia-siakan. Gubernur dan wakil gubernur terpilih kiranya menjadi sumber kekuatan dan motivasi di dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah provinsi Sulawesi Tengah yang masih tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain,” harapnya.

Menanggapi pernyataan Ketua DPRD Sulteng, Gubernur terpilih, Rusdy Mastura, akan melakukan gebrakan untuk mengejar ketertinggalan Sulteng.

“Beberapa potensi di Sulawesi Tengah dapat dikembangkan untuk menaikkan sumber PAD Sulawesi Tengah, terutama dalam sektor pertambangan, perikanan dan kelautan melalui budidaya udang vaname serta beberapa sektor komoditi lainnya,” jelas Cudi, sapaan akrabnya kepada wartawan usai sidang paripurna. (bas)