Banggai Brother’s

Jadwal Pelantikan Bupati Balut Terpilih Menunggu Kemendagri

BANGGAI, LUWUK POST-Pelantikan kepala daerah terpilih belum dijadwalkan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Meski pun KPU dan DPRD Banggai Laut telah menetapkan Sofyan Kaepa-Ablit H. Ilyas sebagai bupati dan wakil bupati.

Hal ini diakui Ketua KPU Kabupaten Banggai Laut, Muhamad Syarif Asgar Uda’a. “Belum. Masih konsultasi dengan Depdagri (Mendagri, Red),” tuturnya saat dihubungi, Sabtu (30/1).

Sebelumnya, Syarif menjelaskan, pihaknya segera berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Setelah penetapan, para komisioner langsung bertolak ke Kota Palu. “Setelah penetapan, kita juga akan mengawal proses pelantikan. Koordinasi dalam hal ini dengan Tapem (Tata Pemerintahan),” katanya saat penetapan pasangan calon terpilih, Sabtu (23/1).

Terkait dengan proses pelantikan, kata dia, sesuai amanah konstitusi pelantikan akan dilangsungkan Maret atau April. “Dari 270 kabupaten yang mengikuti pilkada, daerah yang tidak ada sengketa akan dibuatkan jadwal Kemendagri untuk dilakukan pelantikan secara serentak,” tuturnya.

Sementara masa jabatan bupati dan wakil bupati 2016-2021 akan berakhir sekitar 17 Februari. “Jabatan saya tinggal beberapa hari lagi ini,” jelas Pelaksana tugas Bupati Banggai Laut Tuty Hamid saat paripurna di DPRD Banggai Laut. (ali)