Banggai Brother’s

Kadinkes Bangkep Sikapi Dugaan Pemotongan Anggaran di Puskesmas Lumbia

SALAKAN, LUWUK POST-Kepala Dinas Kesehatan Banggai Kepulauan (Bangkep) James Pinontoan telah memanggil Kepala Puskesmas (Kapus) terkait beredarnya berita soal dugaan pemotongan anggaran di Puskesmas Lumbi-lumbia Kecamatan Buko Selatan.

Diketahui, berita dugaan pemotongan anggaran tersebut beredar di salah satu media online. Dalam berita itu disebutkan adanya dugaan pemotongan anggaran atas sejumlah program pembiayaan dari tahun 2017-2020 di instansi itu.

Menanggapi hal itu, Dokter James sapaan akrab dr. James Pinontoan menjelaskan, pihaknya telah mengundang kapus terkait untuk dimintai keterangan.

“Saya sudah memanggil kapus untuk memberikan keterangan terkait laporan dari teman-teman di salah satu LSM,” kata Dokter James di kantornya, Rabu (3/2/2020)

Dituturkan James, menurut pengakuan Kapus bahwa yang diduga pemotongan tersebut merupakan bentuk kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya. Saat kesepakatan itu dibuat untuk pembiayaan kegiatan tak terduga.

“Itu versinya Kapus. Kalau versinya teman-teman LSM lain. Mereka bilang itu pemotongan,” terang dia

Dalam pertemuan itu, James meminta Kapuskesmas untuk mengevaluasi dan memaksimalkan tata kelola keuangan di internal puskesmas Lumbi-lumbia. Permintaan itu pun disanggupi Kapus dan akan difokuskan setelah vaksinasi Bangkep. (tr-01)