Berita

Pemeliharaan Pelabuhan ‘Speed Boat’ Direalisasi Tahun IniĀ 

Pelabuhan Speed Boat Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan, Banggai Kepulauan

SALAKAN, LUWUK POST-Anggaran pemeliharaan Pelabuhan Speed Boat Desa Kalumbatan dan Desa Tobing, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) diwacanakan akan direalisasi tahun ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Joko Prihantoro, saat ditemui awak media ini di kantornya, Senin (10/1). Menurutnya, hal itu sudah masuk pada salah satu program di instansinya.

“Kalau tidak ada kendala, tahun ini kita akan realisasikan anggaran pemeliharaan untuk pelabuhan desa Kalumbatan dan Desa Tobing,” ungkap Joko.

Hal itu, menurut Joko, sudah sewajarnya dilakukan. Meningat, kedua pelabuhan tersebut merupakan titik sentral yang menghubungkan akses perekonomian masyarakat antar daerah (Bangkep dan Banggai Laut), yang dilalui setiap hari.

Pemerintah daerah yang mempunyai kepentingan penarikan retribusi dari kedua pelabuhan, tentu harus memberikan perhatian dalam penyediaan fasilitas yang memadai.

“Saya belum bisa pastikan kapan kegiatan pemeliharaan dilakukan. Tapi saya berusaha tahun ini bisa terealisasi,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, sebelum penarikan retribusi dilakukan di pertengahan tahun 2021 lalu, Dinas Perhubungan telah melaksanakan rapat bersama pemerintah desa dan masyarakat.

Dalam rapat itu, masyarakat meminta agar penarikan retribusi perlu mempertimbangkan aspek ketersediaan fasilitas pelabuhan yang memadai. Sehingga, seluruh aktifitas dapat berjalan dengan lancar.

Hal itulah yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pemeliharaan tahun ini, oleh Dinas Perhubungan Bangkep. (Rif)