Berita

Dispar Agendakan Sosialisasi Sapta Pesona di Enam Titik

Sosialisasi Sapta Pesona : Kepala Dinas Pariwisata, Edison Moligay tampak berdiri saat memberikan materi tentang Sapta Pesona yang dilaksanakan di beberapa desa di tahun lalu. [FOTO : ISTIMEWA]
SALAKAN, LUWUK POST-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai Kepulauan akan menggelar sosialisasi Sapta Pesona ke seluruh pihak yang dianggap punya peran penting dalam pengelolaan objek wisata, di setiap desa.

Kepala Dinas Pariwisata, Edison Moligay menyebut, enam kecamatan akan dijadikan titik sosialisasi. Sedang, perwakilan dari enam kecamatan lainnya, akan diikutkan di kecamatan terdekat, tempat pelaksanaan sosialisasi.

“Untuk sementara, kita masih menyiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan dalam sosialisasi Sapta Pesona itu,” kata Edison kepada media ini di kantornya, Rabu (2/2)

Edison menerangkan, sosialisasi dilakukan sebagai langkah serius pemerintah daerah untuk mendorong pengembangan pariwisata, yang memberi ruang peran dan dukungan masyarakat dalam menciptkan lingkungan wisata yang kondusif.

Menurutnya, sosialisasi itu penting diketahui masyarakat terutama bagi pengelola di masing-masing objek wisata. Sebab, jika ketujuh poinnya bisa diwujudkan, maka itu bisa berpotensi meningkatkan jumlah pengunjung.

“Sapta Pesona itu kan ada tujuh unsur, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan. Jika itu terlaksana, maka perekonomian juga berpotensi mengalami pertumbuhan,” cetusnya.

Selain itu, imbuh dia, sosialisasi Sapta Pesona merupakan bagian dari langkah strategis untuk mengembangkan sumber daya pengelola, mengingat salah satu kendala dalam pengembangan wisata di daerah adalah SDM.

Sosialisasi tersebut akan disasar ke pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan lembaga-lembaga desa yang ada, diantaranya PKK, Karang Taruna, Lembaga adat, dan sebagainya.

“Karena itu kita berharap sosialisasi Sapta Pesona ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sehingga, hasilnya bisa berdampak baik untuk pengembangan pariwisata kedepan,” tutupnya. (Rif)