Akademika

Kenalkan Jenis Ikan Hias Air Tawar, Mahasiswa KKN Desa Kendek Gelar Sosialisasi

LUWUK, LUWUK POST- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) Posko Desa Kendek, Kecamatan Banggai Utara menggelar program sosialisasi pengenalan jenis ikan hias air tawar dan cara pembuatan akuarium.

Sebagaimana disampaikan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kecamatan Banggai Utara, Abdul Gani mengatakan, kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Balai Pertemuan Desa kendek, Kecamatan Banggai Utara pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Pelaksanaan kegiatan juga turut melibatkan Dekan Fakultas Perikanan (Faperik) UMLB yakni Erwin Wuniarto yang juga hadir sebagai pembawa materi kegiatan sosialisasi.

“Dimana mahasiswa menyosialisasikan dan mengenalkan berbagai jenis ikan hias air tawar seperti ikan Gobi serta melakukan cara pembuatan akuarium.”Ujar Gani, kepada awak media Koran cetak ini, Rabu, 10 Agustus 2022.

Selain itu, Sambung Gani, kegiatan dibuka secara langsung oleh Sekretaris Desa Kendek Syuhurin M. Syair, dalam hal ini mewakili Kepala Desa Kendek.

Dikatakan, beliau turut mengapresiasi kegiatan tersebut dan juga pemateri yang telah berbagi ilmu pengetahuan di wilayahnya.

“Harapannya agar apa yang diberikan pemateri dapat dimanfaatkan oleh warga untuk bisa sebagai penambah ilmu pengetahuan bagi mereka,”ucap ucap Sekdes Kendek itu.

Gani melanjutkan, menurutnya, melihat perairan sungai desa Kendek, tidak menutup kemungkinan bisa menemukan ikan hias air tawar yakni jenis Gobi.

Sehingganya, kedepan kata Gani, akan melakukan survey hingga berkolaborasi antar pemerintah Desa (Pemdes) dan juga masyarakat setempat.

Terpisah, Koordinator Desa Kendek,Fahrin Hanir mengungkapkan, bahwa selain beberapa kelompok nelayan Desa Kendek, kegiatan ini merupakan hal yang baru bagi mahasiswa KKN UMLB, khususnya yang berada di posko 1-2 Desa Kendek.

Pasalnya, kami dapat melihat secara langsung proses pembuatan akuarium, dalam hal ini bisa menambah keterampilan kita, bahkan, masyarakat pun terlihat antusias dalam pembuatan akuarium,”pungkas Hanir. (dat)