Akademika

Galeri Investasi Syariah BEI Unismuh Luwuk Diresmikan

LUWUK, LUWUK POST- Pertama di Sulawesi Tengah (Sulteng), Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia (GISBEI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) diresmikan yang dirangkaikan dengan kuliah umum pada Rabu (7/9).

GISBEI FEB UMLB ini diresmikan langsung oleh Wakil Deputi Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulteng, Andri Arsasi,.

Kegiatan yang berlangsung di pelataran kampus hijau itu dihadiri dari Head of Business Development PT Phintraco; Sekuritas Kepala Divisi Pengembangan Pasar PT Bursa Efek Indonesia, Kepala Bagian LJK OJK Sulteng, Kepala Bursa Efek Indonesia Regional Sulteng, Putri.

Sementara dari kampus hijau, hadir Rektor UMLB, Dr. Sutrisno K Djawa, Wakil Rektor III Agung K Djibran, Dekan FEB, Dr. Wahyudin Rahman, bersama jajaran, Wakil BPH Dr. Moh. Gifari Sono, dan 300 mahasiswa baru (Maba) FEB.

Dalam sambutannya, Rektor UMLB, Dr. Sutrisno K Djawa menyampaikan terimakasih atas peresmian GISBEI di Unismuh Luwuk.

Peresmian ini kata Rektor, patut berbangga dan diapresiasi, karena kehadiran GISBEI di Unismuh Luwuk adalah pertama kali untuk Sulteng.

“Kehadiran Galeri Investasi Syariah ini nantinya bisa menjadi edukasi dan riset, baik untuk mahasiswa maupun dosen. Masyarakat Kabupaten Banggai juga bisa datang untuk melihat Galeri Investasi Syariah BEI Unismuh Luwuk,” ungkap Rektor Dr. Sutrisno K Djawa.

Rektor Dr Sutrisno K Djawa berharap, Galeri Investasi Syariah ini bisa dikelola oleh orang-orang berkompeten dan mendapat muatan dari BEI Sulteng dan lainnya.

“Atas kolaborasi yang dibangun dengan BEI ini, Insya Allah peringkat institusi (UMLB) akan semakin naik,” harapnya.

Kemudian, Rektor juga berharap mahasiswa dan dosen bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik. Sehingga nantinya kampus hijau, dan alumninya mampu bersaing.

“Kita Unismuh Luwuk sudah mampu bersaing, dari 4.600 sekian perguruan tinggi yang ada di Indonesia, kami peringkat 117 perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” jelas Rektor.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) OJK Sulteng, Andri Asasi mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan kehadiran GISBEI di Unismuh Luwuk.

“Semoga ini bisa menginspirasi perguruan tinggi lainnya. Dengan ini kami nyatakan Galeri Investasi Syariah di Unismuh Luwuk kami buka secara resmi,” ucapnya.

Kemudian, Kepala Devisi Pengembangan Pasar PT  BEI, Dedy Priadi, menyampaikan selamat dan berbangga kepada civitas akademika UMLB atas kehadiran GISBEI di kampus hijau.

“Ini juga menjadi satu kebanggaan bagi kami, bisa mengajar, dan berbagi pengetahuan dengan bapak ibu di sini,” ucapnya.

Ia menjelaskan fungsi GISBEI ini, pertama untuk memperkenalkan akses informasi di Indonesia. Tanpa galeri, sangat sulit untuk menyebarluaskan informasi dan ini sebagai upaya untuk mencegah investasi bodong.

“Kami bekerjasama, mencerdaskan bangsa. Menambah akses informasi, mudahan-mudahan masyarakat terbantu dengan adanya GISBEI ini,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Business Development PT Phintraco, Ivan Candra menyampaikan terimakasih atas sambutan yang luar biasa para civitas akademika.

Ia mengaku bangga, bisa bekerjasama dengan Unismuh Luwuk.

“Ini merupakan komitmen kami untuk mendukung OJK dan BEI. Di mana GISBEI ini, nantinya dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi pasar modal,” tandasnya. (*/dat)