Berita

Weros Puasai : PAD kita Bukan Naik, Malah Turun

Weros Puasai, Anggota Komisi I DPRD Bangkep dari Fraksi Gerindra

SALAKAN, LUWUK POST – Anggota Legislatif DPRD Banggai Kepulauan (Bangkep) Fraksi Gerindra, Weros Puasai mengungkapkan kesinisannya terhadap grafik Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurut Weros, sapaan karibnya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) seharusnya tiap tahun harus mencapai grafaik lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“ini bukannya naik (PAD), malah mengalami penurunan tiap tahun,” kata Weros kepada media ini dua pekan lalu di kantornya.

Saat ini, kata dia, Kabupaten Banggai Kepulauan tengah juga mengalami penurunan proyeksi Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD). Secara otomatis, anggaran pembangunan di daerah pun menurun.

Olehnya, satu-satunya langkah yang harus ditempuh pemerintah daerah untuk setidaknya meringankan beban pembangunan adalah dengan meningkatkan PAD.

“Tapi, kalau PAD kita terus mengalami penurunan, maka kemampuan kita untuk membangun daerah akan kian terbatas, karena hanya bergantung pada dana transfer,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut perlu perhatian serius dari pemerintah daerah. Peningkatan PAD bukan persoalan kecil, melainkan persoalan besar yang nanti berdampak serius terhadap kondisi daerah.

Peningkatan PAD, terang dia, membutuhkan peran semua pihak, bukan saja instansi terkait. Sehingga rumusan kebijakannya benar-benar bisa memberikan hasil memuaskan.

“sekali lagi, kondisi PAD kita membutuhkan keseriusan. Terpenting bagi OPD teknis agar kiranya bisa lebih optimal lagi dalam menggenjot PAD ke depan, agar nantinya daerah kita bisa terbantu,” pungkasnya. (Rif)