BeritaHeadlinesLokal

Dinas Kesehatan Catatkan Jumlah ODGJ di Banggai Capai 579 Jiwa

LUWUK, LUWUK POST – Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai mencatat sampai periode maret 2023, jumlah orang dengan gangguan jiwa dengan diagnose skizofrenia, psikotik akut, depresi dan cemas sebesar 579 jiwa dan tersebar di 27 wilayah kerja puskesmas.

“Kemungkinan besar akan terus bertambah jika tidak diseriusi penanganannya,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Banggai, Muhammad Rizal kepada Luwuk Post, Selasa (28/3/2023).

Rizal sapaannya mengungkapkan, data 579 terdiri dari diagnosa skizofrenia 306 jiwa, psikotik akut 83 jiwa, cemas 137 jiwa dan depresi 53 jiwa.

Menurutnya, peran keluarga sangat dibutuhkan untuk merubah kondisi ODGJ menjadi lebih baik, terutama dalam pemantauan minum obat dan aktifitas sehari-hari.

“Alhamdulillah ada beberapa pasien yang kami kunjungi kondisinya sudah membaik dan itu dikarenakan peran keluarga dalam mendampingi ODGJ melakukan pengobatan dan pemantauan minum obat secara teratur,”terangnya.

Rizal menyebutkan bahwa penyebab tingginya ODGJ di Kabupaten Banggai bisa banyak faktor. “Bisa dari faktor Biologis, Psikologis dan Sosial,” tutupnya. (Tr-10)