AkademikaHeadlinesLokal

Diikuti Ribuan Peserta dari 4 Kwarcab, Kemah Prestasi Pramuka Resmi Berakhir

LUKTIM, LUWUK POST – Sebanyak 1.500 anggota pramuka dari 14 kwartir ranting di Kabupaten Banggai dan tiga kwarcab tamu mengikuti Kemah Prestasi Pramuka ke-2 Tingkat Kwartir Cabang (kwarcab) Banggai yang berlangsung selama sepekan, 29 Oktober – 4 November 2023, di Desa Boitan, Kecamatan Luwuk Timur.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan karakter para pramuka itu ditutup dengan upacara dan api unggun gembira pada Sabtu (4/11/2023) malam.

Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Tengah Muzakir Tawil hadir sebagai pembina upacara penutupan.

Muzakir mengatakan bahwa kemah prestasi ini merupakan salah satu bentuk revolusi pendidikan yang dilakukan oleh gerakan pramuka. Ia mengapresiasi peran semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini, termasuk pengurus kwartir nasional yang datang untuk membuka acara pada Minggu (29/10/2023) lalu.

“Gerakan pramuka adalah suatu gerakan pendidikan karakter. Ia menawarkan kegiatan-kegiatan yang bisa menimbulkan inovasi, kreatifitas, bahkan sesuatu yang menyenangkan hati dan menghasilkan temuan-temuan yang luar biasa,” ujar Muzakir.

Ia juga menyampaikan bahwa pada 2025 mendatang, Kwarda Pramuka Sulteng akan mengalokasikan anggaran untuk program-program pelatihan, seperti kursus pembina pramuka di semua tingkatan. Program-program tersebut akan dilaksanakan secara sinergis antara kwartir daerah dan kwartir cabang.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Banggai Syafrudin Hinelo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kemah prestasi ini, baik peserta, panitia, pembina, maupun masyarakat setempat. Ia berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang.

“Saya mohon dukungan dan bantuan kita semua, Insyaallah, Kemah Prestasi Pramuka yang ke-3 dapat kita langsungkan di tahun depan,” kata Syafrudin.

Selama kemah prestasi, para peserta mendapatkan pelatihan dan materi terkait teknik kepramukaan, iptek, imtak, seni budaya, bakti masyarakat, dan lain-lain. Panitia juga menggelar lomba kepramukaan di semua tingkatan yang hasilnya diumumkan di malam penutupan.

Malam penutupan kemah prestasi juga disaksikan oleh ribuan masyarakat dari Desa Boitan dan sekitarnya. Suasana bumi perkemahan menjadi meriah dengan api unggun dan hiburan musik. (*)