AkademikaBerita

Pembekalan KKN-MB Angkatan 35 Unismuh Luwuk Berakhir

LUWUK, LUWUK POST. id – Pelaksanaan kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata- Mobilisasi Berkemajuan (KKN-MB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk Angkatan 35 usai dilaksanakan.

 

Selama dua hari dilaksanakan, kegiatan pembekalan ini ditutup secara resmi oleh Rektor Unismuh Luwuk, Dr.Sutrisno K Djawa, bertempat di pelataran kampus Hijau Ahmad Dahlan, pada Selasa (23/1),

 

Kegiatan hari terkahir pembekalan ini, juga dilaksanakan  dengan pelepasan peserta KKN angkatan 35 tahun 2024, sebanyak dua ratusan.

 

Mengawali sambutan, Ketua Lembaga Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Luwuk, Risno Mina. SH., MH, turut menyampaikan laporan kegiatan KKN tahun 2024.

 

Sebagai laporan, disampaikannya, bahwa kegiatan pembekalan ini dilaksanakan akan selama dua hari.

 

“Alhamdulillah proses pembekalan berjalan sesuai rencana dan semoga mahasiswa KKN dapat menjadikan bekal atau pegangan selama di lokasi,” ujarnya. Selasa, 23 Januari 2024.

 

Pembekalan KKN, sambung dia, dimana terdapat kurang lebih 10 materi yang disampaikan kepada mahasiswa KKN.

 

Olehnya, Risno mengucapkan terimakasih kepada para Narasumber yang telah bersedia dan menyempatkan waktu untuk berbagi pengetahuan serta pengalamannya.

 

Dirinya pula berterimakasih kepada panitia yang telah berupaya semaksimal mungkin hingga berjalan suksesnya kegiatan pembekalan KKN.

 

Meskipun kata dia, suasana kali ini agak sedikit berbeda, dikarenakan jumlah peserta yang terbilang tidak sebanyak tahun kemarin.

 

Namun berdasarkan data yang dimiliki LP3M, bahwa dari sekian banyak peserta, terdapat 23 orang yang mengambil rekognisi, lantaran mengikuti program pertukaran mahasiswa  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

 

“Sehingganya peserta yang mengikuti kali ini tercatat kurang lebih dua ratusan,”kata dia.

 

Disebutkan Risno, sebanyak dua ratusan peserta KKN ini, akan ditempatkan pada dua  Kecamatan yakni Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong.

 

“Di mana, Kecamatan Batui Selatan itu terdiri dari 10 Desa dan Kecamatan Moilong sebanyak 16 Desa,”ucapnya.

 

Ia menambahkan, meskipun pembekalan ini telah berakhir, namun masih ada pembekalan selanjutnya.

 

Yang akan dilakukan oleh peserta KKN bersama masing-masing Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

 

Disamping itu, pemberangkatan para peserta KKN akan dilakukan pada Kamis, 25 Januari 2024.

 

Ia berharap, selama menjalani proses KKN, agar sebaiknya para mahasiswa terus melakukan komunikasi kepada DPL-nya.

 

Dengan begitu setiap program yang dijalankan bisa berjalan dengan baik. Terakhir, peserta KKN diharapkan menjaga kesehatannya selama di lokasi KKN nanti.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Unismuh Luwuk, Dr Sutrisno K Djawa, Ketua LP3M, Risno Mina, Seluruh Dekan, para DPL, serta Ketua Panitia KKN, dan peserta KKN angkatan 35 tahun 2024. (dat)