BeritaLokal

KPU Banggai : Partisipasi Pemilu Masyarakat Naik 1.96 Persen

LUWUK, LUWUK POST.id — KPU Kabupaten Banggai melalui Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan SDM, Mahmud menerangkan bahwa jumlah partisipasi masyarakat Kabupaten Banggai mengikuti Pemilu 2024 naik dibanding periode sebelumnya yakni sebesar 1.96 persen atau mencapai 81,86 persen.

Selain itu, lanjut Mahmud sejumlah nilai positif lainnya dalam capaian Pemilu 2024 di Kabupaten Banggai diantaranya rekap kecamatan yang berjalan lancar, sampai dengan pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten yang dipakukn sesuai target 5 hari.

“Tidak ada yang merasa adanya selisih antara yang ditetapkan dengan data di masing2 parpol, saat selesai rekap semua saksi peserta pemilu pulang dengan senyum puas,” ujarnya.

Mahmud turut menanggapi adanya pihak-yang pihak terus menggoreng kesalahan teknis KPU Banggai dalam menetapkan Surat Keputusan KPU Banggai Nomor 18 Tahun 2024.

“Benar kami ada kesalahan teknis, dan kami sudah perbaiki itu dengan membatalkan SK yang salah mengeluarkan SK baru. Kami mohon maaf atas adanya kesalahan penginputan tersebut,” jelasnya.

Mahmud menyarankan jika ada pihak lain yang tidak senang dengan suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mengambil langkah dengan melaporkan di jalur lembaga yang bereenang.

“Akan lebih dewasa jika mengambil langkah melaporkan atau menggugat kesalahan yg kami sudah diperbaiki kepada lembaga berwenang, jangan kesalahan tersebut dijadikan opini untuk menurunkan kredibilitas KPU dan kepercayaan publik kepada KPU, mudah-midahan tidak demikian,” pungkasnya.

“Banyak hal yang positif dari kerja-kerja penyelenggara pemilu, Alhamdulillah seperti angka partisipasi masyarakat sebesar 81,86% naik dari pemilu sebelumnya, naik sebesar 1,96%, semua pemilih di Banggai yang datang ke TPS memilih di hari pemilihan,” tutupnya. (*/Mjd)