Berita

Labuan Kapelak Segera Miliki Lapas

BANGGAI, LUWUK POST- Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut segera memiliki Lembaga pemasyarakatan. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Lapas tersebut oleh Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Jum’at (14/6/2024)
Tentunya, ini merupakan gebrakan yang luar biasa oleh Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, yang mana di penghujung masa pemerintahnya dan di tengah-tengah urusan politiknya Ia masih tetap memperhatikan pemenuhan infrastruktur daerah Banggai Laut.
Informasi yang di terima awak media, untuk anggaran pembangunan Lapas Banggai Laut mencapa Rp 200 Milyar .
Sekretaris Dirjan Pemasyarakatan Supriyanto mengatakan, pembangunan lapas Banggai Laut ini guna mengurai jumlah para Narapidana yang ada di lapas pastinya yang tersebar di beberapa Kabupaten khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah, sebabnya saat ini telah mengalami over kapasitas. “Ini sangat baik, sebab pembangunan lapas di Banggai Laut dapat membantu lapas lain agar tidak terjadi over kapasitas,” ucapanya. Sofyan dalam sambutanya mengatakan, perjuangan untuk menghadirkan pembangunan lapas ini tidak semudah membalikan telapak tangan, pastinya membutuhkan perjuangan dan kerja keras. “Ini adalah doa dan harapan seluruh masyarakat Banggai Laut hingga bisa sampai di titik ini,” terangnya. Bukan hanya itu, pembangunan lapas ini harus dikaitkan dengan sektor pembangunan kantor pengadilan negeri dikarenakan, lapas dan pengadilan satu paket.
“Setelah peletakan batu pertama pembangunan lapas, dalam waktu dekat ini akan saya ke Jakarta untuk melobi lagi agar secepatnya di bangun kantor pengadilan tinggi,” tutup orang nomor satu Banggai Laut. (Man/Fil)