BeritaDaerahLokal

Pastikan Data Pemilih Berjalan Akurat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai menggelar Bimbingan Teknis untuk penyusunan daftar pemilih hasil pemuktahiran dalam rangka persiapan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati. pada Selasa (23/07/2024)

 

Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banggai untuk memastikan proses pemuktahiran data pemilih berjalan dengan akurat dan efektif.

 

Ketua KPU Kabupaten Banggai, Santo Gotia, dalam sambutannya menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan keterampilan yang diperlukan untuk memelihara kualitas data pemilih serta memperlancar tahapan pemilihan.

 

” Alhamdulillah hari ini sudah 100 persen, dan Alhamdulillah Banggai tidak menyumbang persoalan keterlambatan di Sulawesi Tengah, Banggai no urut 3,” jelasnya.

 

Santo menjelaskan kegiatan ini tidak hanya penting, tetapi juga strategis. Data dari pantarli akan direkap oleh PPS dan akan dilengkapi dengan data pemilih terpilih hasil pemutakhiran.

 

“Teman teman tolong cermat betul-betul dan tolong di seriusin proses ini, penyusunan daftar data pemutakhiran” harapnya.

 

Sementara itu , Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak,Taufiq, S.A.P mengatakan, lapas memberikan dukungan yang penting dalam memfasilitasi hak politik tahanan dan narapidana. Hal ini dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku berdasarkan undang-undang. Lapas bekerja sama dengan KPU untuk memastikan hak politik tahanan dipenuhi, termasuk dalam pelaksanaan pemilu.

 

Sebagaimana yang disebutkan dalam UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan merupakan landasan hukum yang mengatur sistem pemasyarakatan dan hak asasi narapidana, tahanan, dan warga binaan. Undang-undang ini juga menetapkan prinsip non diskriminatif dalam memberikan pelayanan dan hak politik kepada narapidana dan tahanan

 

“Pelayanan yang diberikan kepada tahanan dan narapidana di lapas harus mencakup aspek perawatan, pembinaan, dan pemulihan. Hal ini bertujuan untuk membina mereka agar dapat kembali ke masyarakat dengan perubahan positif dan memastikan pemenuhan hak-hak mereka, termasuk hak politik dalam pemilu,” jelasnya.

 

Acara ini juga dihadiri oleh petugas KPU, Sekretaris Kasubag, serta perwakilan anggota PPK Divisi Perencanaan Data dan Informasi se-Kabupaten Banggai