BeritaDaerahMetro

BPBJ Kabupaten Banggai melakukan migrasi basis data

LUWUK, LUWUKPOST.ID – UKPBJ Banggai melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai telah melakukan migrasi basis data.

Kepala Bagian Pengadaan barang dan Jasa Sekretariat Daerah (BPBJ) Kabupaten Banggai, Dewa Gede Supatriagama, ST.,M.Si,  mengatakan terkait dengan Keputusan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia Nomor 205 Tahun 2024 tanggal 12 Juni 2024 mengenai Pemusatan dan Pengelolaan Basis Data Pengadaan Barang/Jasa pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik, LPSE Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai telah melakukan migrasi basis data.

” Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk,meningkatkan keamanan informasi, meningkatkan akurasi data, mengatasi keterbatasan infrastruktur penyimpanan basis data pada Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah serta memudahkan pengolahan dan pemanfaatan basis data,” jelasnya saat di hubungi pewarta via WhatsApp pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Basis data hasil pelaksanaan pengadaan barang/jasa pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dipusatkan dan dikelola oleh Direktorat Sistem Pengadaan Digital Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pemusatan basis data SPSE   dilaksanakan melalui proses migrasi basis data dari Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kabupaten Banggai ke LKPP yang dilakukan oleh Direktorat Sistem Pengadaaan Digital LKPP.

Dirinya berharap dengan dilakukan migrasi data ini tidak menggangu proses pemilihan pengadaan barang dan jasa yang sedang dilakukan oleh pelaku Pengadaan Barang/Jasa yakni oleh PPK, Kelompok Kerja (Pokja) dan  Pejabat Pengadaan atau penyedia barang/jasa, akan tetapi meningkatkan kelancaran proses pemilihan penyedia barang/jasa.

Selain itu Dewa, yang juga selaku PLT. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banggai, menyampaikan progres tender/seleksi pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kabupaten Banggai hingga 12 Agustus 2024. Sebanyak 307 paket dengan nilai Rp. 326.625.448.343 atau 91,91% telah masuk di UKPBJ Kabupaten Banggai melalui aplikasi SIPBJ. Dari jumlah tersebut, sebanyak 253 paket dengan nilai kontrak Rp. 276.557.203.027 telah selesai proses tender, menunjukkan tingkat efisiensi sebesar Rp. 7.854.286.750 atau 3%.(*/fil)