BeritaMetro

Bupati Amirudin Buka Workshop Penulisan Cerita Rakyat Tahun 2024

LUWUK, LUWUKPOST.ID – Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai menyelenggarakan kegiatan Workshop Penulisan Cerita Rakyat Tahun 2024, bertempat di Kedai Kopi Daeng Mangge, pada Selasa (21/8/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Banggai, Amirudin, MM., AIFO ini mengusung tema “Dengan Menulis Kita Lestarikan Nilai-Nilai Kearifan Lokal”.

Bupati Amirudin, mengungkapkan apresiasinya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai yang telah menyelenggarakan acara Workshop tersebut.

“Workshop ini sangatlah menarik, apalagi tentang penulisan cerita rakyat,” tutur Bupati Amirudin.

Ia (Bupati Amirudin,red) menceritakan bahwa ketika dihari ulang tahun kemarin, ada satu anak yang membacakan cerita rakyat tentang Suku Andio.

“Itu sangat hebat, bukan hanya tulisan yang diangkat tetapi dia mencoba untuk menceritakan,” ujar Bupati Amirudin.

Oleh dan sebab itu, lanjut Bupati Amirudin, saya berharap bahwa workshop ini nanti akan mencoba mengangkat cerita-cerita rakyat yang lainnya.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi daerah, bermanfaat bagi negara, sehingga kita bisa mempunyai literatur yang banyak pula terhadap cerita-cerita rakyat nantinya,” harap Bupati Amirudin.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Amieudin menyampaikan insya Allah Dinas Pariwisata nantinya akan melaksanakan Pameran Pembangunan dan saya ingin nantinya cerita-cerita rakyat ini bisa ditampilkan.

Pada workshop ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya. Asrif, M.Hum, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, menjadi narasumber pertama yang memberikan materi mengenai “Menentukan Alur dan Struktur Cerita-Cerita Rakyat” serta “Kurasi Karya Cerita Rakyat.”

Narasumber kedua, Moh. Hilmi Faiq, jurnalis dari Kompas Jakarta, membawakan materi tentang “Tata Cara Penulisan Cerita Rakyat yang Baik” serta “Menemukan Ide dan Gagasan dalam Menulis Cerita Rakyat.”(rls)