AkademikaBerita

Disdikbud Banggai Beri Pelatihan Tentang Penggunaan Aplikasi ARKAS dan DAPODIK

Luwuk, LUWUKPOST.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Disdikbud) Kabupaten Banggai menggelar kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi bidang pendidikan.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Disdikbud Banggai, Syafrudin Hinelo yang diwakili oleh Sekretaris Dinas (Sekdis), Lajdibir.

Pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Pembinaan PAUD dan PNF ini, diikuti oleh 165 Operator PAUD yang tersebar pada 24 Kecamatan, di Kabupaten Banggai.

Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga hari, di Hotel Kota, sejak Rabu-Jumat, 28-30 Agustus 2024.

Selama kegiatan, Disdikbud Banggai memberikan pelatihan terhadap 165 Operator PAUD mengenai aplikasi ARKAS dan DAPODIK tahun 2024.

Dikatakan pemberian pelatihan aplikasi ARKAS ini guna melatih pengguna dalam menyusun dan mengelola anggaran sekolah, untuk transparansi dan efisiensi pengelolaan keuangan sekolah.

Dengan begitu, dapat dipastikan setiap sekolah mampu merencanakan, melaporkan dan mengaudit pengunaan anggara secara tepat.

Hingga sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh pemerintah.

Selanjutnya dalam pelatihan DAPODIK juga, dikatakan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang cara mengoperasikan aplikasi dalam mengelola dan memperbaharui data sekolah secara efektif.

Hal ini bertujuan meningkatkan akurasi dan kelengkapan data pendidikan, sehingganya dapat digunakan untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi kebijakan pendidikan di tingkat nasional.

Tak hanya itu, peserta Operator juga mendapat pelatihan bagaimana mengimplementasi Kurikulum Merdeka.

Di mana para peserta juga diajarkan tentang bagaimana menyediakan panduan teknis hingga praktis saat menggunakan aplikasi terkait penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah.

Ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah dan tenaga pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka secara efektif.

Maka proses pembelajaran lebih menjadi adaptif, relevan dan berpusat pada siswa. (dat)