BeritaMetroPendidikan

247 Peserta Dilatih Gunakan Teknologi Chromebook

LUWUK, LUWUKPOST.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai terus bertransformasi dalam mengikuti perkembangan teknologi yang kian canggih. Kali ini upaya yang dilakukan yakni menggagas Pelatihan Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan TIK (Chromebook).
Kegiatan ini digelar selama 2 hari, sejak Rabu-Kamis (4-5/9/2024) di ruangan rapat Dinas Pendidikan.

Pelatihan ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Banggai, khususnya untuk bidang pembinaan SMP.

Sebanyak 247 peserta mengikuti penggunaan teknologi canggih ini. Pelatihan dibagi dalam dua sesi dikarenakan kapasitas ruangan yang terbatas.

Yuliati Lamaka selaku Kasi kelembagaan dan sarana prasarana bidang kebinaan SMP, dan juga selaku pemantik, menyatakan penggunaan Chromebook sebagai alat bantu pembelajaran menunjukkan upaya untuk memberikan akses yang lebih mudah dan murah bagi siswa dan guru di Kabupaten Banggai. Hal ini merupakan bantuan dari Kemendikbud Ristek.

” Ini merupakan bantuan dari dinas yang dapat di gunakan bukan hanya pada saat ujian, tetapi juga untuk administrasi pembelajaran di kelas,” tuturnya.

Yuli pun memaparkan bahwa Chromebook dengan penyimpanan yang berasal dari Drive, yang untuk kapasitas nya lumayan besar, dan Chromebook bisa di akses bagi setiap siswa maupun guru yang mempunyai Id belajar

” Kalau kita pake id belajar aksesnya akan gratis,” tuturnya.

Dalam pembahasannya meliputi penggunaan ID belajar, penggunaan (GWE) Google World Face for Education yang juga mencakup materi canva.

Menariknya, sosialisasi penggunaan Chromebook di Kabupaten Banggai menjadi gebrakan baru bagi dunia pendidikan. Menggandeng Ko Capten belajar.id dan duta teknologi sebagai pemateri menunjukkan komitmen kuat Dinas Pendidikan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran.

Diharapkan, sosialisasi ini berjalan dengan baik dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para peserta sehingga penggunaan Chromebook di Kabupaten Banggai bisa optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Seperti diketahui, bahwa Chromebook adalah perangkat komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS. Chromebook memiliki beberapa kelebihan, di antaranya: Ringan dan cepat, Pembaruan sistem operasi dan keamanan yang otomatis, Integrasi dengan layanan Google. Chromebook memiliki beberapa manfaat, di antaranya: Siswa dapat mengakses berbagai sumber belajar digital, Siswa dapat mengikuti kelas interaktif, Siswa dapat mengerjakan tugas secara online. (fil)