BeritaMetro

JOB Tomori Raih Penghargaan dari SKK Migas

LUWUK, LUWUK POST.ID – JOB Tomori kembali meraih prestasi yang gemilang. Kali ini Penghargaan The Best Cost Management in Work & Program Budget diberikan SKK Migas.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Luki Yusgiantoro selaku Sekretaris SKK Migas kepada Direktur Regional Indonesia Timur dalam SKK Migas Award 2024 pada malam penganugerahan di Jakarta, Selasa (10/9).

SKK Migas Award 2024 merupakan ajang penghargaan yang memberikan apresiasi kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan pemangku kepentingan utama atas kontribusi mereka dalam meningkatkan produksi minyak dan gas bumi nasional, yang juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan 22 Tahun Mengelola Hulu Migas.

Penghargaan diberikan dalam 31 kategori yang mencakup berbagai aspek kinerja dan kontribusi para KKKS serta pemangku kepentingan yang berperan penting dalam upaya mencapai target 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD), yang telah menjadi visi bersama hulu migas.

Muhamad Arifin mengatakan perusahaan dinilai melakukan efisiensi operasional menghadapi tantangan harga komoditas yang fluktuatif dengan melakukan inovasi teknologi dan mengoptimalkan proses produksi.

“Kami terus melakukan inovasi dalam menghadapi tantangan yang dihadapi industri hulu migas dimana kondisi investasi dan geopolitik saat ini sedang tidak stabil, antara lain melalui strategi efisiensi guna memastikan keberlanjutan kinerja perusahaan.

JOB Tomori melakukan inovasi ROBOCOPS yang terbukti telah menghasilkan efisiensi sehingga perusahaan menghasilkan kinerja yang sehat.

Kami harus memiliki data tahan untuk beradaptasi yang merupakan faktor penting untuk menjaga daya saing Indonesia dalam peta industri migas global,” tutur Arifin.

ROBOCOPS merupakan upaya menciptakan culture dan sistem manajemen yang terintegrasi, sehingga perusahaan sebagai KKKS tidak hanya menjalankan perannya untuk mendukung ketersediaan energi nasional, tapi juga pemasukan yang optimal untuk negara.

ROBOCOPS bertujuan menjaga operasi yang efisien dengan biaya produksi rendah melalui upaya seperti optimisasi kontrak, renegosiasi dan penyesuaian unit rate, strategi eksekusi proyek yang lebih baik, dan mengoptimalkan sumberdaya operasional yang ada.

 

GM JOB Tomori Andry, dalam acara tersebut menjelaskan, JOB Tomori juga menyelenggarakan ajang Field Improvement Award untuk mendorong inovasi teknologi dan operasi untuk meningkatkan efisiensi dan optimisasi biaya.

Selain ROBOCOPS, JOB Tomori juga menghasilkan terobosan inovatif lainnya seperti implementasi Cost Tracking Optimization dan Financial Dashboard yang dipadukan dengan E-Budgeting di tahun 2024, yang disingkat dengan nama Financial Integration Reporting SysTem (FIRST) Tomori.

Penghargaan ini juga sebagai pembuktian compliance JOB Tomori terhadap proses pelaporan WP&B, FMR, dan FQR.

“Selain kinerja operasi, kami juga berupaya untuk mewujudkan kinerja keberlanjutan melalui program Environmental, Social & Governance (ESG) melalui berbagai inovasi baik di operasi maupun non operasi dan menciptakan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pemangku kepentingan, termasuk masyarakat di wilayah operasi,” ujarnya. (adv/roy)