AdvertorialsBerita

 Tim PKM Unismuh Luwuk Berdayakan Masyarakat Desa Tinangkung

LUWUK, LUWUK POST.ID – Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk Banggai gelar kegiatan pemberdayaan kelompok istri nelayan Desa Tinangkung. Yang dilaksanakan pada akhir Agustus, hingga 1 September 2024.

Tim PKM Unismuh Luwuk Banggai memberdayakan kelompok istri nelayan Kelompok Poklashar Kadompe Desa Tinangkung Kecamatan Tinangkung Selatan Banggai Kepulauan melalui pelatihan pengelolaan produksi makanan berbahan baku ikan, khususnya pembuatan bakso ikan dan abon ikan sampai pada pengemasan produk. Tim PKM Unismuh Luwuk Banggai, diketuai oleh Yanti Mutalib, serta Siswadi dan Maulana Wahyu ayatullah sebagai anggota.

Yanti Mutalib, yang juga Dosen Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, menyatakan kegiatan ini mendapatkan pendanaan Hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Tahun 2024.

Kegiatan yang mendapatkan pendanaan DRTPM tahun 2024 itu merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat.

Adapun mitra dalam kegiatan PKM ini adalah Poklashar Kadompe yang berlokasi di desa Tinangkung Kecamatan Tinangkung Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Tinangkung merupakan salah satu desa penghasil Ikan terbesar di Kecamatan Tinangkung Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan,” ucap Yanti.

Melalui kegiatan PKM ini, Tim PKM Unismuh Luwuk Banggai melatih Kelompok Poklashar dalam pembuatan bakso ikan dan abon ikan sampai pada pengemasan produk. Tujuannya adalah untuk membantu memasarkan produk-produk mitra binaan ke toko-toko dan swalayan yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Kabupaten Banggai, atau daerah lainnya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya kelompok mitra sasaran.

Selain itu, Tim PKM juga memberikan pelatihan tentang pembuatan pembukuan keuangan kelompok kepada Kelompok Poklashar Kadompe. Pelatihan ini diberikan langsung oleh Siswadi Sululing, selaku anggota Tim PKM yang juga dosen pada program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Luwuk Banggai.

Tim PKM Unismuh Luwuk Banggai memberikan pelatihan dan peralatan kepada Kelompok Poklashar untuk mendukung produksi bakso ikan dan abon ikan, peralatan yang diberikan meliputi alat pencetak bakso ikan, alat spinner peniris minyak untuk abon ikan, dan freezer.

Ketua Tim PKM, Yanti Mutalib, menjelaskan bahwa tujuan program ini adalah untuk memberdayakan potensi yang dimiliki oleh kelompok istri nelayan dari Desa Tinangkung Kecamatan Tinangkung Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan, khususnya untuk melatih kelompok mitra menjadi pengusaha produk olahan makanan berbahan baku ikan yaitu bakso ikan dan abon ikan.

Yanti berharap kelompok ini bisa berkembang dan terus memproduksi bakso ikan dan abon ikan. “Kami pun akan selalu melakukan pendampingan walaupun kegiatan sudah selesai,” katanya.

Yanti juga berterima kasih kepada DRTPM Dikti Kemdikbud, LLDIKTI Wilayah XVI, Rektor Unismuh Luwuk Banggai Dr Sutrisno K Djawa, SE.,MM dan LP3M Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai yang dipimpin Risno Mina, SH.,MH, atas suksesnya kegiatan tersebut.(*/fil)