Berita

Belum Setahun, Plafon Gedung PAUD Percontohan Sudah AmbrukĀ 

Salah satu gedung PAUD Percontohan Kabupaten Banggai Kepulauan yang baru diresmikan September 2021 lalu mengalami kerusakan parah pada bagian Plafon

SALAKAN, LUWUK POST-Gedung PAUD Percontohan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) mengalami kerusakan parah pada bagian Plafon. Padahal, bangunan itu baru diresmikan pada September 2021, lalu.

Belum diketahui pasti penyebab Kerusakan plafon Geduang Aula tersebut. Tapi diduga kuat, hal itu disebabkan oleh rendahnya kualitas pemasangannya.

Parahnya, peserta didik di sekolah itu tetap dibiarkan bermain di gedung tersebut. Padahal, potensi bertambahnya kerusakan plafon yang tersisa masih cukup tinggi.

Hal itu menuai perhatian dari sejumlah pihak, tanpa terkecuali, Ketua DPD Hanura Bangkep, Jupri Hermawan. Menurutnya, pembangunan PAUD Percontohan itu tidak memberi rasa nyaman terhadap anak didik.

“Padahal, itu bangunan baru. Tapi plafonnya sudah ambruk. Itu sangat mengkhawatirkan keselamatan anak-anak kita,” kata Jupri, Selasa (12/7).

Karena itu, Jupri meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau pihak-pihak berkompeten lainnya, juga DPRD untuk mengundang pihak ketiga dan PPTK untuk mempertanggungjawabkan kerusakan itu.

Pihak sekolah pun diminta untuk tidak membiarkan anak didik bermain bebas di gedung itu pada saat jam sekolah berlangsung. Karena, kondisinya cukup mengancam keselamatan jiwa.

Tidak hanya menyoroti kerusakan plafon bangunan Gedung PAUD Percontohan, Jupri juga mengungkapkan dugaan kerusakan yang terjadi di SDN Kalumbatan dan SDN Lobuton. Padahal, sambung dia, usia kedua bangunan itu belum cukup setahun.

Dimintanya, agar kerusakan itu segera ditanggulangi, sehingga proses pembelajaran di sekolah-sekolah tersebut benar-benar bisa berlangsung nyaman bagi anak didik. (Rif)