Breaking NewsLokalMetro

Pemkab Banggai Inisiasi Olahraga Tradisional Jadi Rangkaian HUT RI ke 78

LUWUK, LUWUK POST – Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menginisiasi Lomba Olahraga Tradisional menjadi salah satu rangkaian acara peringatan HUT RI ke-78 di Kabupaten Banggai.
Kegiatan olah raga tradisional dalam rangka HUT RI ke 78 resmi dibuka oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili, MM, bertempat di Lapangan Alun-alun Bumi Mutiara, Kelurahan Karaton, Selasa (10/7/2023).
Wabup Furqanudin dalam kesempatan itu mengatakan bahwa lomba olahraga tradisional yang digelar merupakan bentuk penghargaan untuk mengenang jasa leluhur bangsa, yakni para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
“Kita harus menunjukkan semangat patriotisme kita dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah diraih dengan susah payah,” kata Wabup Furqanuddin.
Wabup Banggai berharap lomba olahraga tradisional yang dilaksanakan dapat melestarikan budaya lokal dan mempererat hubungan antara masyarakat Kabupaten Banggai.
“Lomba ini bukan hanya untuk mencari juara, tetapi juga untuk menjalin silaturahim dan memperkuat persatuan dan kesatuan kita, agar kita dapat hidup rukun dan damai di Kabupaten Banggai,” ucap Wakil Bupati Banggai.
Wabup Furqanuddin juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas daerah sebagai syarat utama untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Banggai.
“Memeriahkan hari proklamasi kemerdekaan ini merupakan wujud nyata dari rasa patriotisme kita dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” tutur Wabup Furqanuddin.
Sementara itu, Kepala Dispora, Drs. Yori Ntoi, menyebutkan bahwa olahraga tradisional di Kabupaten Banggai sudah mendapat pengakuan resmi dari KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia), yang setara dengan KONI.
Adapun lomba olahraga tradisional yang digelar meliputi lomba Lari Karung, lomba Tarik Tambang, lomba Patengka, lomba Hadang dan Lomba Sumpit.
Lomba yang dilaksanakan tak hanya di ikuti oleh seluruh OPD linkup Pemkab Banggai, akan tetapi di ikuti juga oleh BUMN, BUMD, dan terbuka untuk masyarakat umum. (*)