Politik

Raker Komisi III DPRD Banggai, OPD Diminta Maksimalkan PAD

 

RAPAT KOMISI: Rapat Komisi III DPRD Banggai, dalam rangka pemaksimalan penerimaan PAD, di kantor DPRD Banggai, Kamis (10/9). [Foto: Andi Ardin/Harian Luwuk Post]
LUWUK, LUWUK POST-Komisi III DPRD Kabupaten Banggai, menggelar rapat kerja dengan menghadirkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (10/9).

Rapat Komisi III ini dalam rangka memaksimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari OPD terkait, yakni Badan Pendapat Daerah (Bapenda), Dinas PUPR, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Perikanan, dan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Banggai.

Anggota Komisi III DPRD Banggai, Jodi Prakoso Dayanun, mengatakan, berdasarkan data yang ada, realisasi PAD Kabupaten Banggai hingga September 2020, baru mencapai sekira 70 persen lebih. Artinya, masih ada sekira 20 persen lebih lagi yang harus dikejar sebelum tutup buku 31 Desember 2020 mendatang. “Ini yang kita dorong (Komisi III, red) agar OPD bisa memaksimalkan penerimaan PAD,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa OPD yang target realisiasi PAD-nya cukup signifikan. Dia menyebut salah satunya dari retribusi Tenaga Kerja Asing (TKA) yang dikelola Disnakertrans Banggai. “Itu sampai 130 persen,” jelasnya.

Selain itu, ada juga OPD yang hingga kini belum cukup maksimal dalam menarik PAD. “Waktunya semakin dekat. Ini harus digenjot,” imbuhnya.

Dengan meningkatnya penerimaan PAD yang dikelola masing-masing OPD, diharapkan dapat menyukseskan pembangunan sesuai prioritas pembangunan, sesuai dengan visi misi pemerintah daerah. (and)