Headlines

Debat Kandidat Pilkada Banggai Tiga Putaran

Alwin Palalo
Alwin Palalo

LUWUK, LUWUK POST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai akan memfasilitasi, debat terbuka pasangan calon bupati dan wakil bupati sebanyak tiga putaran.

Untuk putaran pertama, debat terbuka diikuti oleh tiga kandidat, yakni Hj. Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU), Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili (AT-FM), dan Herwin Yatim-Mustar Labolo (WinStar), dan akan dilaksanakan pada 8 November 2020.

Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Banggai, Alwin Palalo, mengatakan, debat terbuka putaran pertama akan dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Luwuk.

Debat terbuka tersebut akan dipandu langsung oleh moderator, dan panelis yang berasal dari luar Kabupaten Banggai.

“Untuk debat kandidat nanti kemungkinan akan dilaksanakan sebanyak 3 kali. Pertama dijadwalkan tanggal 8 November di Hotel Swiss-Belinn Luwuk. Moderatornya dari Palu. Sementara kami komunikasikan,” ujar Alwin, Selasa (27/10).

Debat kandidat atau debat terbuka antar pasangan calon, diatur dalam pasal 57 huruf c, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-Alam Covid-19.

Sesuai pasal 59 huruf f, materi kampanye debat kandidat berupa visi misi pasangan calon dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah dengan provinsi dan nasional, serta memperkokoh NKRI dan kebangsaan.

Debat kandidat nantinya akan memuat materi tentang kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Selanjutnya dalam pasal 59 huruf b, dijelaskan bahwa debat terbuka wajib menerapkan protokol kesehatan. Olehnya, debat terbuka tersebut hanya akan dihadiri oleh pasangan calon, dua orang perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), lima orang komisioner KPU, dan empat orang dari tim kampanye paslon. (and)