Akademika

Alumni FKIP Untika Luwuk Harus Kembangkan Matkul Kewirausahaan

Dr Suhartini Salingkat

LUWUK, LUWUK POST-Tahun ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, mulai mengajarkan mahasiswa untuk berwirausaha secara langsung.

Itu dilakukan melalui pengimplementasian mata kuliah (Matkul) kewirausahaan. Mahasiswa diajarkan langsung tentang bagaimana menjalankan sebuah usaha.

Dan hal ini merupakan komitmen FKIP, agar mahasiswa FKIP bisa belajar berwirausaha sejak dini.

Atas terobosan ini, Dekan FKIP Untika Luwuk, Dr Suhartini Salingkat berharap, praktek yang diajarkan oleh kampus bisa diterapkan oleh alumni FKIP. Khususnya yang baru selesai tahun ini.

Sebab, menurut Dr Suhartini, saat ini tantangan yang ada di luar sana semakin besar. Apalagi dimasa pandemi seperti ini.  lapangan pekerjaan berat. Susah.

“Sebagai dekan saya berharap para alumni, melalui mata-mata kuliah yang sudah ajarkan. Khususnya mata kuliah kewirausahaan itu yang tolong dikembangkan,” katanya, Sabtu (19/9) pekan lalu.

Alumni Universitas Negeri Jakarta itu menerangkan, pengembangan matkul kewirausahaan ini bisa diimplementasikan dengan membuka lapangan pekerjaan.

Melalui usaha-usaha kecil. Seperti yang dilakukan FKIP saat ini. Membuka usaha bersama. “Jangan pernah minder kalau kita Sarjana Pendidikan.

Coba kamu ke perusahaan dan ke BUMN. Ada jebolan FKIP. Ini semua karena kita serba bisa. Dan Ini sudah teruji,” jelasnya. (leb)