Headlines

197 Orang Sudah Divaksin

LUWUK, LUWUK POST—Hari pertama pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Banggai terbilang berjalan lancar. Hingga Kamis (4/2) atau sehari pascavaksinasi, tidak ada laporan kejadian ikutan pascaimunisasi. “Alhamdulillah berjalan lancar, sampai hari ini semua yang divaksin aman–aman saja,” kata Nurmasita.

Mengacu pada testimoni 10 orang tokoh kunci yang telah divaksinasi kemarin; diketahui setelah diobservasi 30 menit pertama pascavaksin disuntikkan, tidak ada satu pun yang mengalami gejala, maupun kejadian yang mengkhawatirkan.

Observasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) kepada para tokoh kunci yang divaksin pertama, baik Bupati maupun forkopimpda tampak sehat dan bugar. “Hari pertama vaksinasi sebanyak 197 orang sudah divaksin, baik 10 tokoh kunci, dan tenaga kesehatan yang di rumah sakit maupun puskesmas. Alhamdulilah semua sehat walafiat,” papar Nurmasita Datu Adam, Kamis (4/2).

Ia mengatakan, hari pertama vaksinasi itu telah menyasar 8.35 persen tenaga kesehatan dari 2358 orang nakes target vaksinasi.

Vaksinasi tahap pertama sejatinya akan dilaksanakan pada 2358 orang nakes. Jumlah ini termasuk 234 orang nakes yang pernah terkonfirmasi positif, ibu hamil, ibu menyusui, maupun memiliki penyakit komorbid.

“Sesuai data 1 Februari lalu, ada 234 nakes tak divaksin karena pernah terkonfirmasi positif,” paparnya.
Ia mengatakan, skrining akan tetap dilakukan pada nakes yang akan divaksin beberapa hari ke depan.

“Akan terus diskrining, yang sudah terkonfirmasi positif, ibu hamil, menyusui, punya penyakit komorbid, maupun memiliki tekanan darah tinggi tidak akan divaksin,” paparnya. (ris)