Metro

MDMC Banggai Bantu Korban Gempa Sulbar

LUWUK, LUWUK POST-Muhammadiyah Disaster Manegement Center (MDMC) telah mengirim sejumlah utusan menuju ke Sulawesi Barat (Sulbar). Tim relawan yang akan membantu warga terdampak gempa itu dilepas Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Luwuk, Kamis (28/1).

Koordinator MDMC Banggai Baharuddin L. Agi mengatakan, ada tiga orang yang dikirim ke Mamuju. Namun sebelumnya, selama empat hari mereka terlebih dahulu singgah di Palu untuk mendapatkan materi tentang tugas pokok relawan di daerah bencana.

“Mereka akan dibagi menjadi dua kelompok yakni Psikososial dan distribusi logistik untuk di pos koordinator MDMC dibawah kontrol MDMC pusat,” tuturnya, Senin (1/2).

Untuk psikososial bertugas pada penanganan pengembalian mental rasa trauma pascagempa agar bisa beraktifitas kembali seperti biasa. Sementara kelompok logistik, akan membagikan logistik kepada masyarakat yang masih tinggal di pos darurat, sekaligus merangkap tim pembersihan puing-puing bangunan rumah ibadah yang roboh akibat gempa.

“Ketiganya ditempatkan di pos pelayanan Tappalang dan Tappalang Barat, mereka masuk dalam klaster ketiga pengiriman relawan MDMC Sulteng,” terangnya.

Ia berharap dalam bertugas selama 14 hari di Mamuju bisa maksimal dan membantu para korban, karena kedatangan mereka juga untuk menggantikan relawan yang sudah masuk sebelumnya. “Alhamdulillah MDMC Banggai saat ini salah satu daerah yang aktif dalam pengiriman relawan dibeberapa daerah yang tertimpa bencana sekaligus pengiriman logistik,” pungkasnya. (gom)