Berita

Demi Efisiensi Anggaran, Waket II DPRD Desak Pemda Lakukan Perampingan OPD

CAPT : Wakil Ketua II DPRD Bangkep, Eko Wahyudi

SALAKAN, LUWUK POST – Wakil Ketua II DPRD Banggai Kepulauan (Bangkep), Eko Wahyudi mendesak Pemerintah Daerah untuk segera melakukan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Desakan itu disampaikan Eko berkaitan dengan proyeksi Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) yang setiap tahun mengalami penurunan.

“Dengan melihat kondisi keuangan daerah kita saat ini, perampingan OPD sangat penting dilakukan,” kata Politisi PDI-Perjuangan itu.

Bahkan, dalam Rapat Paripurna Penetapan Rancangan KUA-PPAS beberapa waktu lalu, dia memperkirakan proyeksi TKDD Bangkep akan turun hingga di angka Rp 600 Miliar.

Perampingan OPD, sebut dia, setidaknya bisa membuat pemerintah daerah lebih efisien dan efektif dalam hal penganggaran. Bahkan bisa menghemat hingga puluhan miliar.

Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa sejauh ini Pemerintah Daerah terlalu banyak menghabiskan anggaran untuk kegiatan operasional yang hampir tidak berdampak apa pun terhadap daerah selain kerugian.

“Dalam hal efisiensi anggaran daerah yang terbatas saat, kita tentu membutuhkan langkah konkrit, seperti perampingan OPD,” ujarnya.

Namun, dia menilai, pihak eksekutif sejauh ini seolah tidak memberikan respon terhadap langkah yang sudah pernah diusulkan ke Pj Bupati dalam Paripurna sebelumnya.

Bahkan hingga saat ini, rancangan perda tentang perubahan susunan organisasi perangkat daerah pun belum masuk DPRD.

Olehnya, dia menyarankan ke rekan-rekannya di DPRD yang sepakat dengan perampingan OPD tersebut berembuk untuk membuat Perda inisiatif terkait hal itu.

“Saya kira ini penting menjadi catatan kita bersama, untuk ditindaklanjuti,” tutup Eko. (Rif)