BeritaHeadlines

emang boleh? SAKIP PEMKAB BANGGAI TURUN

LUWUK, LUWUK POST – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) kepada Pemerintah Kabupaten Banggai melalui surat nomor B/ 532 /AA.05/2023 tertanggal 27 November 2023.

Dalam surat yang ditandatangani Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Erwan Agus Purwanto menyatakan, hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Banggai menunjukkan nilai sebesar 75,02 dengan predikat “BB” atau turun dari tahun sebelumnya dari tingkat “A”.


“…Hal tersebut menunjukkan bahwa implementasi akuntabilitas kinerja “Sangat Baik”, yaitu implementasi AKIP sudah sangat baik pada pemerintah daerah dan sebagian besar unit kerja, ditandai dengan mulai terwujudnya efisiensi penggunaan anggaran dalam mencapai kinerja, serta memiliki sistem manajemen kinerja yang andal dan berbasis teknologi informasi,” redaksi surat KemenPANRB.

Adapun mengenai hasil evaluasi AKIP Pemkab Banggai oleh KemenPANRB tersebut dapat dilihat dalam grafik. Dimana 4 Komponen Yang Dinilai, yakni Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal. Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal Pemkab Banggai Tahun 2023 mencatatkan nilai sebesar 75,02.
Rincian bobot atau nilai AKIP Pemkab Banggai dari setiap komponen Evaluasi sebagai berikut, Perencanaan Kinerja 23,09. Kemudian Pengukuran Kinerja 22,61. Selanjutnya Pelaporan Kinerja 11,97. Dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal 17,35.

Atas hal itu, hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2023 Pemkab Banggai turun dari tingkat A menjadi BB.

Dilansir dari menpan.go.id, Rabu (6/12/2023). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi Reformasi Birokrasi (RB), Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023, di Badung, Bali (06/12).

Hasil evaluasi ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin kepada pemda yang berhasil mendapatkan nilai AKIP berpredikat AA dan A, serta kepada pemda dengan kategori implementasi RB Tematik Terbaik. Tak hanya itu, Wapres Ma’ruf Amin juga menyerahkan penghargaan kepada instansi pemerintah dengan unit kerja terbanyak yang meraih Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun ini.

Dalam arahannya, Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi kinerja para daerah peraih penghargaan. Namun perlu dipastikan agar keberhasilan tersebut diikuti dengan perbaikan nyata pada tata kelola pemerintahan.

Selain itu, Wapres juga mendorong agar dilakukan penguatan secara berkelanjutan orientasi RB Berdampak serta percepatan transformasi digital yang terintegrasi.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Keuangan Sri Mulyani; Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian; Ketua KPK Nawawi Pomolango; Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono; Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto; Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya; para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian PANRB; serta para kepala instansi pemerintahan peraih penghargaan.(*/Tim LP)