Berita

Dukung Pembentukan BNNK, Wabub Banggai Sebut Pemda Telah Sediakan Lahan

Luwuk, LUWUKPOST.ID – Wakil Bupati Banggai, Furqanudin Masulili mengatakan sebagai pemerintah daerah tentunya sangat mendukung adanya pembentukan Badan Narkoba Nasional Kabupaten (BNNK).

Apalagi melihat Kabupaten Banggai termasuk salah satu daerah yang begitu marak tentang peredaran narkoba.

Sebelumnya, Bupati Ir.Amirudin telah melakukan penandatanganan surat pernyataan dukungan yang disaksikan oleh Kepala BNN Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Brigjen Pol. Ferdinand Maksi Pasule, di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Senin, 26 Agustus 2024.

Menurut Wabub, dukungan pembentukan BNNK di Kabupaten Banggai sangatlah penting, hal ini untuk mengantisipasi serta menindak maraknya peredaran narkoba.

Wabub menilai maraknya peredaran barang haram tersebut tentu dapat merusak generasi muda atau anak cucu bangsa.

“Sehingganya untuk menyelamatkan hal itu, maka butuh pengawasan ketat,” kata Wabub, saat ditemui Pewarta, di ruang kerjanya, pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Wabub juga berpesan dan mengimbau, baik masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak terlibat dalam hal penyalahgunaan narkoba.

“Sebab barang tersebut juga dapat merusak anggota tubuh kita hingga pikiran dan bahkan dapat menjerumuskan ke proses hukum nantinya,” tuturnya.

Menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM), tentu dikatakan Wabub, pastinya akan melibatkan sebagian pegawai ASN Banggai yang memiliki bidang tersebut untuk berkantor di BNNK.

“Sebagian pula akan diisi oleh pegawai BNNK itu sendiri,”katanya.

Masih menyangkut dukungan, sambung Wabub, sebagaimana Pemkab Banggai telah menyiapkan lahan hibah untuk pembangunan BNNK.

Hanya saja kata Furqanudin, lokasi atau titik bangunannya masih dipastikan dalam mekanisme perencanaan, yang jelas kata dia lahan yang dipersiapkan berada di kompleks perkantoran Bukit Halimun.

“Untuk pembangunan gedung tentu berdasarkan kesiapan pihak BNN itu sendiri, tetapi sebagai bentuk dukungan Pemda telah menyediakan lahannya,” ucapnya.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Banggai, Ramli Tongko, mengatakan informasi penyediaan lahan untuk BNNK nantinya bakal berada di kompleks seputaran Sekolah AMIK Nurmal, di Bukit Halimun.

Namun sembari menunggu kesiapan BNNK untuk membangun, maka Pemda juga telah menyediakan tempat atau gedung fasilitas sementara untuk aktifitas kerja.

“Program ini telah masuk dalam susunan pembangunan Banggai kedepannya, entah tahun ini maupun tahun depan, kantor BNNK dipastikan tetap ada, sembari menunggu kesiapan BNNK,” tutupnya. (dat)