BeritaDaerahPendidikan

Sepekan, Empat Dosen Untika Raih Doktor

MAKASSAR, LUWUKPOST – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tompotika (UNTIKA) Luwuk menyelenggarakan Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Promosi Doktor It. 2 FKM Unhas, Universitas Hasanuddin Makassar. pada Senin, (5/8/2024 – 10/8/2024)

Rektor Untika, Taufik Bidullah mengungkapkan bahwa sidang ini diikuti oleh 4 orang dosen pada Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan hari yang berbeda.

“Ini merupakan momen penting dalam proses akademis dan peningkatan kualifikasi pendidikan dosen di bidang kesehatan masyarakat,” ucapnya saat di hubungi pewarta melalui WhatsApp (8/8/24)

Sidang ini merupakan langkah penting dalam perjalanan akademik seseorang untuk mendapatkan gelar doktor, demi mendukung perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan masyarakat.

” penting di lingkungan akademik di mana seorang kandidat doktor mempresentasikan hasil penelitian mereka untuk memperoleh gelar doktor,” tambahnya.

Dirinya juga mengungkapkan kebahagiaannya karena para dosen ini mampu menyelesaikan studi lanjut program doktoral dengan predikat yudisium cum laude. Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa peningkatan jumlah dosen dengan kualifikasi doktor semakin memperkuat Universitas Tompotika Luwuk dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas dan profesional.

Ke empat dosen yang mengikuti Sidang Terbuka Promosi Doktor yaitu Dr. Mirawati Tongko, Dr. Bambang Dwicahya, Dr. Marselina Sattu,  dan Dr. Fitrianty S. Lanyumba.

Selain itu, ditempat terpisah Dr. Marselina Sattu mengatakan dengan penuh rasa syukur dan kebanggaan, ia menyampaikan komitmen yang kuat setelah menyelesaikan program studi doktoral. menyadari bahwa perjalanan ini tidak hanya tentang pencapaian pribadi, tetapi juga tentang kontribusi yang dapat ia berikan kepada masyarakat dan lembaga tempat dirinya bernaung Universitas Tompotika ( UNTIKA ) Luwuk .

” Berdasarkan penelitian kami yang berjudul Pengaruh Pemberian Beras Bagus (Banggai-Unhas) terhadap Kadar Gula Darah pada Penderita Pra Diabetes di Kabupaten Banggai Kepulauan, kami percaya bahwa hasil penelitian ini memiliki potensi yang besar untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Pesan yang kami terima dari promotor kami sangat jelas bahwa hasil penelitian ini harus dapat diimplementasikan dan dijadikan referensi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya bagi mereka yang berisiko terkena diabetes,” jelasnya.

Bukan hanya itu,  Marselina juga berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memasarkan produk ini agar dapat dijangkau secara luas. Ia berharap, dengan adanya penelitian lanjutan, dapat menggali lebih dalam potensi beras bagus ini dan memberikan solusi yang nyata bagi masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat.

Dirinya juga percaya bahwa penelitian ini sejalan dengan pengembangan tridharma perguruan tinggi yang menjadi salah satu fokus utama Universitas Tompotika , Dengan demikian, ia berharap dapat berkontribusi tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam pemberdayaan masyarakat dan kemajuan lembaga ini.

” Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami dalam perjalanan ini wabill khusus bapak rektor Untika Taufik Bidullah.SE.,MSi, Dekan FKM Untika Bpk Ramli Bidullah, SKM.,MKes yg juga sebentar lagi juga akan menyelesaikan Doktornya serta teman teman semua yang tidak sempat saya sebutkan satu persatu, Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkontribusi demi kemajuan bersama kemajuan lembaga Universitas Tompotika Luwuk yang sangat kami cintai,” tutupnya.(fil)