BeritaPolitik

Usai Dibuka Tiga Hari, KPU Banggai Tutup Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024-2029

Luwuk, LUWUKPOST. ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai secara resmi menutup pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Penutupan pendaftaran itu resmi ditutup pada pukul 23.59 WITA, Kamis, 29 Agustus 2024, yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Banggai, Santo Gothia.

Tahapan penutupan pendaftaran ini, juga dihadiri Anggota Komisioner KPU, Anggota Bawaslu Banggai, serta PPK dan jajaran KPU Banggai.

Pihak KPU Banggai juga mengumumkan penutupan pendaftaran ini lewat live streaming. Di mana Santo Gothia turut menyampaikan hasil pendaftaran selama tiga hari yang dilaksanakan sesuai jadwal tahapan, sejak Selasa-Kamis, 27-29 Agustus 2024.

Selama tiga hari, Santo mengatakan pihak KPU Banggai telah menerima tiga Paslon kandidat Pilkada Banggai 2024.

Pada hari pertama KPU Banggai menerima pendaftaran Paslon Herwin Yatim dan Hepy Yeremia Manopo (WIN-HEPY).

Keduanya mendapat dukungan dari Partai Pengusung PDIP dan Partai Hanura, dengan total perolehan suara sah sebanyak 37.141 suara.

Selanjutnya di hari kedua, KPU Banggai menerima pendaftaran Paslon Ir. Amirudin Tamoreka dan Furqanudin Masulili (AT-FM) yang juga sebagai petahana dalam kontestasi Pilkada serentak 2024.

Mereka mendapat dukungan dari partai pengusung PAN, Partai Perindo, Demokrat dan Partai Golkar serta PPP. Dengan total suara sebanyak 83.066.

Terkahir, Paslon Pilkada Banggai Sulianti Murad dan Samsul Bahri Mang (SM-BM). Sebagaimana diusung oleh Partai Nasdem, PKS, PKB dan Partai Gerindra, hingga mendapat perolehan suara sah 86.812.

Setelah dilakukan verifikasi berkas saat melakukan pendaftaran, ketiga berkas Paslon Cabup dan Cawabup ini dinyatakan lengkap, hingga mendapat surat rekomendasi pemeriksaan kesehatan dari pihak KPU Banggai.

“Dengan berakhirnya masa pendaftaran Pilkada serentak, KPU Banggai memberikan rekomendasi untuk menuju tahapan selanjutnya yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan,”jelasnya.

Informasi lainnya, bahwa salah satu dari Paslon Pilkada Banggai 2024, akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, terlebih dahulu akan mengikuti konferensi pers. Sementara itu jadwal tahapan pemeriksaan kesehatan telah dibuka sejak 27 Agustus hingga berlangsung 2 September 2024. (dat)