BeritaPolitik

KPU Banggai Gencar Sosialisasi Pendidikan Pemilih

Luwuk, LUWUKPOST.ID – Ciptakan pemilih aktif dan Kritis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai gencar sosialisasikan pendidikan pemilih.

Kegiatan ini turut melibatkan berbagai elemen masyarakat maupun organisasi, yang berlangsung di cafe Rooftop, kompleks Dahlia, Kelurahan Karaton, Banggai, Provinsi Sulteng.

KPU Banggai juga menghadirkan pihak Kesbangpol yang akan membawakan materi atau menjadi narasumber.

Sosialisasi dan pendidikan pemilih ini berfungsi sebagai sarana edukasi masyarakat. Baik seputaran tahapan pemilihan serta membuat pemilih memahami arti penting dalam pemberian suara.

Baik dari segi pengertian hak pilih, kemudian tentang prosedur pemberian suara hingga memiliki pengetahuan untuk membuat pilihan-pilihan politik.

Dengan begitu, pendidikan pemilih yang masif diharapkan dapat menciptakan pemilih yang aktif serta membangun kesadaran pemilih yang kritis.

Pemilih yang aktif dan kritis merupakan bagian penting dalam membangun demokrasi yang sehat. Karena demokrasi menjamin partisipasi politik dan memungkinkan pemilih mengontrol kekuasaan politik.

Oleh karena itu, sosialisasi dan pendidikan pemilih KPU Banggai akan terus memasifkan dengan berbagai model, baik secara langsung maupun lewat media sosial, elektronik, cetak dan lain sebagainya. (dat)