Berita

Vaksinasi Siswa SD-SMP Perlu Sosialisasi

Ariyono Orab, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangkep

SALAKAN, LUWUK POST-Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) tercatat sebagai salah satu daerah yang belum melaksanakan vaksinasi bagi siswa SD-SMP. Karena itu Pemerintah daerah berencana melaksanakan sosialisasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Ariyono Orab mengatakan, sebelum pemerintah pusat memberikan kesempatan vaksinasi siswa SD, pihaknya terlebih dahulu akan melaksanakan sosialisasi.

“Kalau bercermin dari gelagat masyarakat, orang tuanya saja masih banyak yang belum siap divaksin. Apalagi anaknya, pasti agak sulit. Karena itu, sebagai langkah awal, kita akan melakukan sosialisasi,” kata Ariyono, Senin (4/1).

Dia menyebut, sebagian besar daerah lain sudah mulai melaksanakan vaksinasi bagi anak berusia 6-12 tahun, untuk siswa SD dan SMP. Demikian pula untuk siswa SMA.

Dijelaskan dia, pihaknya perlu menyusun surat edaran awal. Kemudian, kemungkinan ‘Team Work’ yang terdiri dari sejumlah OPD, terutama di sektor Kesehatan akan turun sosialisasi, bukan hanya Tim dari Disdikbud.

“Pak Bupati juga minta agar tidak hanya dinas yang turun, tapi OPD lainnya, terutama keshatan harus ikut turun sosialisasi di seluruh wilayah. Makanya diawali dengan edaran, supaya guru bisa menyampaikan ke orang tua siswa,” ujarnya.

Ariyono mengakui, rencana tersebut akan mendapatkan tantangan besar. Pasalnya, masyarakat Bangkep masih banyak yang belum meyakini vaksinasi. Sehingga dalam sosialisasi nanti dari Kesehatan diperlukan.

“Nah, mereka yang akan memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya vaksinasi,” tutup Ariyono. (Rif)