BeritaDaerahHeadlinesMigas

Wabup Apresiasi Program Pemagangan Operator DSLNG

LUWUK, LUWUK POST – Wakil Bupati Banggai, H. Furqanudin Masulili membuka secara resmi kegiatan Operator Program Apprenticeship (OPA) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh PT.Donggi Senoro LNG (2/2), bertempat di Hotel Swiss-belinn, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.
Dalam kata sambutannya, Furqanudin menyampaikan apresiasi kepada PT DSLNG yang telah melaksanakan kegiatan Program Pemagangan Operator atau Operator Program Apprenticeship (OPA) 2022.
“Kami sangat mengapresiasi program OPA yang dilaksanakan DSLNG, karena turut membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia di Banggai, dan dengan sendirinya membuat anak-anak kita merasa memiliki perusahaan sebagai aset yang ada di tanah babasalan,” ujarnya.

Capt Foto : FOTO BERSAMA : Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili didampingi Kadis Nakertrans, Helena A. Padeatu bersama HR Development Manager PT DSLNG, Tommy Arihandono beserta para peserta Program Pemagangan Operator, Rabu (2/2), [Foto : Majid/Harian Luwuk Post]

Pemagangan, menurut H. Furqanudin Masulili, sangat penting, bukan hanya bagi peserta magang, tetapi bagi perusahaan maupun pemerintah. Melalui pemagangan, peserta magang mendapatkan keterampilan teknis dan nonteknis (soft skills) untuk memenuhi prasyarat kualifikasi calon pekerja yang diperlukan pemberi kerja.
Di sisi lain, lanjut dia, perusahaan tempat magang mendapatkan sumber calon tenaga kerja yang sudah diketahui keterampilan teknis maupun kesesuaian sikap kerjanya dengan budaya perusahaan selama masa pemagangan. Sementara bagi pemerintah, tentu saja hasil pemagangan yang baik akan meningkatkan akses calon tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan akses ekonomi warga yang merupakan sebagian tugas pemerintah.
“Pentingnya pemagangan inilah yang mendasari kerjasama PT Donggi-Senoro LNG dengan Pemerintah Kabupaten banggai untuk melakukan studi mengenai pemagangan ini,” ungkap Wakil Bupati.
Selanjutnya, Human Resources Development Manager PT.DSLNG, Tommy Ari Handono memaparkan secara teknis, kegiatan OPA 2022 mengalami peningkatan. Ia menerangkan, dari 173 aplikasi pelamar yang mereka terima, tersaring 6 pemagang yang dapat mengikuti program OPA.
“Mereka telah melalui tes psikologi, tes kemampuan Bahasa Inggris, tes pengetahuan teknis dan tes kesehatan. Para peserta OPA akan mengikuti proses pembelajaran dan praktek selama 12 bulan. Pelatihan pengetahuan dasar akan diberikan PT. PETROTEKNO di Jawa Barat, sedangkan praktek lapangan langsung dilaksanakan di kilang PT.DSLNG,” bebernya.

Seusai agenda sambutan dan arahan dari pihak Pemerintah Kabupaten Banggai maupun PT.DSLNG, para peserta melakukan penandatangan perjanjian pemagangan secara simbolis, lalu dilanjutkan dengan perkenalan.

Keenam peserta Program Pemagangan Operator DSLNG 2022 yakni, Ahmad Arizandy Panrelli dari Kecamatan Batui, Alwan Naufal Masulili dari Kecamatan Luwuk Selatan, Bernard Billiyandi Tampubolon dari Kecamatan Toili, dan Yoga Dwiguna Bujang dari Kecamatan Kintom, Muhammad Susianto dari KecamatanToili Barat serta satu-satunya peserta perempuan, Indah Fitriani Abdullah dari Kecamatan Luwuk. (*/mjd)