Breaking NewsHeadlines

Banjir Desa Huhak Berangsur Surut, Warga terdampak membutuhkan Bahan Makanan dan Obat-obatan

Tangkapan layar video banjir di Desa Huhak Kecamatan Bunta, Minggu (4/9).

Luwukpost.id, Bunta — Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai pada Minggu (4/9) telah menyebabkan sungai Huhak meluap hingga menyebabkan banjir.

Berdasarkan laporan sementara Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banggai, Senin (5/9) tentang kondisi terakhir dilapangan, menyebutkan sebanyak 17 rumah warga mengalami kerusakan terdampak banjir, dengan rincian,  1 rumah terbawa arus banjir, 4 rumah mengalami rusak berat, serta 12 rumah rusak ringan.

Tak ada korban jiwa dalam banjir yang kini mulai berangsur surut itu, akan tetapi 9 warga desa yang terdampak mengungsi dan sejumlah fasilitas umum  seperti jalan aspal mengalami kerusakan.

Untuk langkah-langkah yang dilaksanakan BPBD Banggai, yakni, pada saat tiba di lokasi bencana, kepala pelaksana BPBD Kabupaten Banggai langsung memimpin dan melakukan koordinasi dengan Camat Bunta, Kapolsek Bunta, Babinsa dan Aparat Desa Huhak untuk pemanggilan serta melakukan pemantauan alat berat dalam melakukan normalisasi aliran air sungai yang berada di jembatan Huhak.

Saat ini BPBD melakukan assesment, mendistribusikan air bersih serta bersama masyarakat TNI-Polri dan pemerintahan Kecamatan Bunta, berjibaku membersihkan rumah warga dari genangani air dan endapan lumpur.

Selanjutnya melakukan pembangunan posko dan tenda pengungsi di lokasi ketinggian yaitu di sekitaran mesjid At-Taqwa Desa Huhak

Mengenai kebutuhan mendesak bagi warga yang terdampak langsung selain bahan makanan juga memerlukan obat-obatan. (*)